Inilah 4 Kode Bank Negara Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Dalam kegiatan transaksi transfer uang, kita perlu mengetahui kode bank tujuan terlebih dahulu sebelum melakukan transfer tersebut. Kode bank ini biasanya digunakan pada saat seseorang ingin melakukan transfer, namun dengan tujuan bank yang berbeda baik melalui ATM maupun melalui internet banking. Dari banyaknya kode bank di Indonesia, terdapat 4 kode bank Negara Indonesia yang wajib anda ketahui karena keempat bank tersebut merupakan bank yang umum digunakan dalam masyarakat.

Keempat bank yang paling banyak peminatnya di Indonesia adalah BRI, BNI, Mandiri, dan BCA. Hal tersebut dikarenakan keempat bank tersebut telah banyak menyebar di Indonesia, sehingga banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggunakannya karena akses kemudahan yang diberikannya seperti dalam transfer. Dalam kegiatan transfer, kode bank yang harus dimasukkan berjumlah 3 digit diikuti dengan nomor tujuan transfer uang.

Empat Kode Bank Negara Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Kegiatan transfer biasa dilakukan dalam hal berbisnis seperti bisnis online, bisnis jual beli, dan lainnya. Namun terkadang rekening tujuan transfer berbeda dengan rekening milik anda, sehingga anda perlu mengetahui minimal kode bank Negara Indonesia yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berikut keempat kode bank dari empat bank paling terkenal dan paling sering digunakan di Indonesia.

1.Bank Mandiri
Bank ini merupakan salah satu bank yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena kemudahan layanannya yang baik sehingga banyak nasabah yang menggunakan jasa bank Mandiri ini. Salah satu layanannya yang bisa diakses adalah layanan transfer, kecuali rekening TabunganKu. Apabila rekan bisnis anda mempunyai rekening dari bank Mandiri, anda bisa memasukkan kode 008 sebelum memasukkan nomor rekening tujuan transfer. Kode tersebut merupakan kode dari bank Mandiri sendiri, sehingga sangat dibutuhkan dalam kegiatan transfer tersebut.

2.Bank BRI
BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan bank yang banyak sekali nasabahnya di Indonesia, karena kantor cabangnya yang terletak di seluruh penjuru Indonesia sampai masuk ke semua desa di Indonesia. Kantor banyak yang hampir ada di setiap wilayah di propinsi ini, mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi seperti transfer uang. Bank BRI juga memiliki kode khusus yang dapat anda gunakan untuk mentransfer uang, kode tersebut yaitu 002. Anda bisa memasukkan kode tersebut sebelum memasukkan nomor rekening tujuan BRI.

3.Bank BNI
Sama halnya seperti Bank BRI, Bank BNI merupakan salah satu bank milik Indonesia yang juga popular di kalangan msyarakat. Bank ini sudah ada lebih dulu sebelum Bank BRI, sehingga banyak masyarakat yang mengenal dan menggunakan jasa serta layanannya. Apabila anda ingin mentransfer uang ke rekening BNI ini, anda bisa memasukkan kode 009 sebelum memasukkan nomor rekening tujuan. Setelah itu, anda bisa mentransfer sejumlah uang dengan nominal yang ingin anda kirim.

4.Bank BCA
Bank BCA merupakan salah satu bank internasional yang terkenal di Indonesia, karena layanannya yang sangat memuaskan nasabahnya terutama di Indonesia. Rekening ini dapat anda gunakan untuk bertransaksi di luar negeri, seperti dalam hal mentransfer uang. Kode yang dapat anda gunakan untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening BCA adalah 014, lalu masukkan nomor rekening tujuan BCA.

Setelah mengetahui keempat kode bank Negara Indonesia yang popular digunakan, anda dapat mencoba untuk mentransfer uang menggunakan kode tersebut. Namun masukkan kode tersebut sebelum memasukkan nomor rekening tujuan. Semoga berhasil.