Soal Penilaian Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9 Dan Pembahasannya

Soal Penilaian Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9 Dan Pembahasannya ini merupakan contoh soal terbaru yang akan saya bagikan bagi Bapak/Ibu yang mengampu mata pelajaran Matematika Kelas 9 SMP/MTs. Pengertiannya, Dua bangun dikatakan sebangun jika suatu sudut-sudut yang bersesuaian sama besar dan panjang sisi-sisi bersesuaian sama besar dan panjang sisi-sisi bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama. Sedangkan Dua bangun dikatakan kongruen jika sudut-sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi yang bersesuaian mempunyai panjang yang sama.

Soal Penilaian Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas  Soal Penilaian Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9 Dan Pembahasannya

Contoh soal Kesebangunan dan Kekongruenan ini disusun dalam bentuk pilihan berganda dilengkapi dengan pembahasan dan dirancang sedemikian berdasarkan beberapa subtopik yang paling sering dibahas dalam kajian Kesebangunan dan Kekongruenan.

Soal Ulangan Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9


Soal No. 1
Diberikan dua buah persegipanjang ABCD dan persegipanjang PQRS seperti gambar berikut.

Soal Penilaian Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas  Soal Penilaian Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9 Dan Pembahasannya

Kedua persegipanjang tersebut adalah sebangun. Tentukan:
a) panjang PQ
b) luas dan keliling persegipanjang PQRS 

Pembahasan
a) Perbandingan panjang garis AB dengan AD bersesuaian dengan perbandingan panjang garis PQ dengan PS. Sehingga 
Panjang PQ = 24 cm
b) Luas persegipanjang PQRS = PQ x PS = 24 cm x 6 cm = 144 cm2
Keliling persegipanjang PQRS = 2 x (PQ + PS) = 2 x (24 cm + 6 cm) = 60 cm

Soal No. 2
Perhatikan gambar berikut! 

Soal Penilaian Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas  Soal Penilaian Harian Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas 9 Dan Pembahasannya
Tentukan panjang DB!

Pembahasan
Soal ini tentang kesebangunan segitiga. Segitiga ABC yang lebih besar sebangun dengan segitiga kecil ADE sehingga perbandingan panjang sisi-sisi yang bersesuaian akan sama. Temukan dulu panjang sisi AB, ambil perbandingan alas dan tinggi dari kedua segitiga seperti berikut ini:
Dengan demikian DB = AB − AD = 15 cm − 10 cm = 5 cm

Soal Penilaian Harian Matematika Kelas 9 Materi Kesebangunan dan Kekongruenan dan Pembahasannya [DI SINI]



Download Juga !!!

Previous
Next Post »