Jangan Lengah, Begini Cara-Cara Mengamankan WhastApp dari Penyadap

WhatsApp adalah Aplikasi perpesanan yang hebat dan sangat populer dengan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. Anda yang menjadi salah satu penggunanya tentu harus selalu menjaga keamanan akun WhatsApp Anda. Sangat sulit bagi peretas untuk meretas langsung ke server WhatsApp. Bahkan jika mampu melakukannya, penyusup tidak akan menemukan pesan apa pun di sana karena pesan yang Anda kirim tidak disimpan di server WhatsApp setelah dikirimkan.

Meski begitu langkah-langkah mengamankan akun dari disadap tetap harus dilakukan. Coba cek cara-cara untuk mengamankan Akun WhatsApp agar sulit untuk disadap hacker :

1. Jangan gunakan akses Wifi publik atau gratis

Cara paling baik bagi peretas untuk mengakses aplikasi di ponsel Anda adalah melalui koneksi wifi yang tidak aman. Perlu diketahui bahwa kebanyakan peretasan email terjadi melalui jaringan wifi yang tidak aman dan begitu juga semua aplikasi lain di ponsel Anda termasuk akun WhatsApp. Menggunakan koneksi jaringan wifi yang tidak aman adalah aktivitas yang sangat berisiko dan itu bisa menjadi satu-satunya cara akun WhatsApp dapat disadap. Abaikan penggunaan koneksi wifi yang tidak aman termasuk jaringan wifi acak yang Anda temui di mana saja. Ini akan mencegah Anda dari risiko akun WhatsApp diretas. Selain itu, harap diperhatikan bahwa penyusup dapat mengakses perangkat Anda jika berada di koneksi jaringan lokal atau wifi yang sama. Itulah mengapa sangat disarankan untuk tidak masuk ke jaringan publik yang tidak aman.

2. Jangan pernah biarkan siapa pun mendapatkan akses ke ponsel Anda

Hanya butuh waktu satu menit, penyusup bisa mengakses ponsel Anda lewat WhatsApp Web, atau file cadangan untuk mengakses percakapan WhatsApp Anda dan melihat pesan status WhatsApp. Karena itu Anda harus tahu bahwa sangat berisiko untuk membiarkan siapa pun bia mengakses smartphone Anda . Hal lain yang perlu diperhatikan adalah WhatsApp terhubung ke akun Anda dengan nomor IMEI ponsel Anda, yang unik untuk setiap perangkat seluler. Mendapatkan akses ke nomor tersebut bisa membuat seluruh aktivitas ponsel diretas termasuk akun WhatsApp Anda. Pastikan tidak ada orang asing yang mendapat akses ke ponsel atau Anda akan menyesal.

3. Blokir instalasi dari sumber tidak dikenal

Mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal membuat ponsel Anda rentan untuk diretas jika seseorang mendapat aksesnya. Karena itu sangat penting untuk memblokir akses ke aplikasi file manager di ponsel Anda. Juga, Anda harus mengunci aplikasi play store dan menu settings untuk menghentikan instalasi dari sumber yang tidak dikenal. Selalu instal aplikasi dari Google Play Store. Periksa detail pengembang, peringkat, ulasan aplikasi dan data pendukung apa pun sebelum menginstal aplikasi apa saja di ponsel.

4. Kunci aplikasi WhatsApp

Penting untuk memiliki aplikasi AppLock yang akan membantu Anda mengunci WhatsApp Anda. Memang benar bahwa WhatsApp tidak menawarkan fitur ini di dalamnya, tetapi Anda dapat mengunduh aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengunci WhatsApp dengan kata sandi atau PIN. Ini akan membantu Anda mencegah siapa pun yang mengakses ponsel Anda untuk mengakses akun WhatsApp karena mereka terhalang oleh kata sandi yang harus diinput.

5. WhatsApp Two Factor Authentication

Baru-baru ini, WhatsApp memperkenalkan fitur otentikasi dua faktor. Ketika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah ini maka setiap upaya untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp harus disertai dengan enam digit PIN yang Anda buat menggunakan fitur ini. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp> Pengaturan> Akun> Verifikasi dua langkah> Aktifkan. Ketika ini diaktifkan, Anda dapat memasukkan alamat email yang memungkinkan WhatsApp mengirimkan tautan melalui email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika Anda lupa PIN enam digit Anda.

Previous
Next Post »