Tata Cara Transfer Uang Menggunakan Kode Bank OCBC di ATM dengan Benar

Berbagai kegiatan bisnis ataupun sekedar urusan pribadi, pastinya terdapat urusan yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Salah satu transaksi biasanya yang biasa dilakukan oleh nasabah adalah transfer atau pengiriman uang, dimana transaksi ini dapat dilakukan melalui mesin ATM terdekat, melalui teller bank secara langsung, melalui internet banking, dan melalui mobile banking. Apabila anda ingin mendaftar uang menggunakan ATM, mobile banking, dan internet banking, anda harus menyiapkan kode khusus transfer seperti kode bank OCBC yang akan diulas dalam artikel ini.

Kode dari setiap bank biasanya terdiri dari 3 digit, dimana kode tersebut nantinya akan dimasukkan sebelum memasukkan nomor rekening tujuan. Kode ini menjadi syarat utama dalam pengiriman uang, karena transfer tidak akan berhasil apabila anda tidak memasukkan kode bank tersebut. Penggunaan kode bank tersebut akan membuat waktu anda lebih efisien, karena anda tidak perlu menunggu antrian yang panjang di bank. Selain itu, proses pengiriman uang pun akan semakin cepat bahkan dalam hitungan menit uang yang dikirim akan sampai ke nomor rekening tujuan.

Tata Cara Transfer Uang Menggunakan Kode Bank OCBC di ATM dengan Benar
Sebenarnya kode bank biasanya sudah terdapat dalam ATM ataupun media transfer lainnya, namun ada beberapa yang harus menginput kode bank secara manual. Sedangkan kode bank dari setiap bank berbeda, namun jumlah kode tetap sama yaitu 3 digit. Kode bank OCBC sendiri adalah 028, dimana anda bisa masukkan kode tersebut pada saat melakukan proses pengiriman melalui ATM maupun internet banking atau mobile banking. Berikut tata cara transfer uang menggunakan kode bank di ATM dengan benar.

1.Masukkan Kartu ATM
Langkah pertama dalam mentransfer uang adalah memasukkan kartu debit ke mesin ATM, kemudian pilih bahasa yang anda mengerti misalnya Bahasa Indonesia. Selanjutnya masukkan PIN dari ATM yang anda miliki, kemudian anda akan dibawa pada halaman utama. Untuk masuk ke halaman transfer, anda bisa memilih menu “Transaksi Lainnya” dan pilih “Transfer”. Lalu pilihlah bank tujuan transfer, anda bisa pilih bank OCBC.

2.Masukkan Nomor Rekening Tujuan
Setelah memilih bank tujuan, anda akan dibawa ke halaman permintaan nomor rekening tujuan. Masukkan nomor rekening tujuan disertai dengan kode bank OCBC di depannya, misal nomor rekening tujuannya adalah 0000111998877 maka anda bisa mengetikkan 0280000111998877 dengan tujuan bank OCBC. Selanjutnya pilih konfirmasi nomor rekening tersebut, atau pilih enter.

3.Masukkan Jumlah Uang yang Akan Dikirim
Pada halaman berikutnya, anda akan diminta untuk memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer ke rekening yang sebelumnya anda cantumkan. Isikan jumlah nominal sesuka anda, dengan syarat jumlah uang yang akan dikirim tidak melampaui jumlah saldo yang ada pada rekening anda. Apabila jumlah nominal sudah dimasukkan, selanjutnya tekan enter atau pilihan konfirmasi lainnya dan kirim.

4.Mengambil Struk Pengiriman
Dalam hitungan menit, uang yang anda kirim akan segera sampai pada nomor rekening tujuan. Hal ini bisa anda dibuktikan dengan menunggu struk pengirman keluar, struk tersebut dalam bentuk print out dan bisa anda simpan sebagai bukti pengiriman. Setelah semua proses pengiriman selesai, selanjutnya adalah mengeluarkan kartu ATM dengan memilih pilihan tidak jika terdapat pertanyaan “Ingin Transaksi Lainnya?”. Kartu ATM akan secara otomatis keluar.

Tata cara transfer uang menggunakan kode bank OCBC di ATM tersebut dapat anda ikuti dengan mudah, terlebih lagi jika anda terbiasa menggunakan mesin ATM. Semoga bermanfaat.