Cara Kirim Uang dari BRI Via ATM Menggunakan Kode Bank Permata

BRI dan Bank permata merupakan bank nasional yang ada di Indonesia, dimana keduanya sama-sama digunakan untuk transaksi transfer uang. Apabila anda mempunyai rekening BRI, anda bisa melakukan transfer uang ke rekening lain seperti bank Permata. Tentunya sebelum melakukan transfer, anda harus mengetahui terlebih dahulu kode bank Permata. Kode tersebut sangatlah penting, serta menjadi syarat utam dalam transaksi transfer beda bank. Terkadang kode tersebut juga tersedia di mesin ATM, namun ada beberap juga yang tidak menyediakan sehingga anda harus memasukkannya secara manual.

Selain digunakan dalam hal transfer, kode bank juga dapat digunakan untuk menerima pengiriman transfer dari rekening lain menggunakan internet banking atau e-banking. Sehingga sebagai nasabah, minimal anda harus mengetahui kode bank sebelum bertransaksi. Kode bank tersebut umumnya terdiri dari 3 digit, dimana kode tersebut biasa diletakkan di depan nomor rekening tujuan pada saat menginputnya.



Cara Kirim Uang dari BRI Via ATM Menggunakan Kode Bank Permata

Bank Permata sendiri terdiri menjadi dua ,yakni bank Permata dan bank Permata Syariah. Kode bank dari keduanya berbeda, dimana kode bank Permata adalah 013 sedangkan kode dari bank Permata Syariah adalah 784. Apabila anda mempunnyai rekening BRI dan ingin mengirim uang ke rekening bank Permata, maka anda dapat mengikuti cara transfer berikut.



1.Login ATM

Cara kirim uang pertama yang harus anda lakukan adalah login ATM ke mesin ATM, dimana anda harus memasukkan kartu ATM terlebih dahulu dan kemudian pilih bahasa sesuai dengan yang anda mengerti misalnya bahasa Indonesia. Setelah itu, masukkan PIN dari kartu debit atau ATM milik anda. Selanjutnya anda akan dibawa pada halaman utama transaksi.



2.Masuk ke Halaman Transaksi

Untuk masuk ke halaman transaksi, anda bisa pilih menu “Transaksi Lainnya” pada halam utama dan pilih menu “Transfer”. Setelah itu, anda bisa pilih menu “Transfer Bank Lain”, karena rekening tujuan anda adalah bank Permata. Selanjutnya anda akan dibawa pada halaman transaksi, dimana anda diminta untuk memasukkan nomor rekening tujuan beserta kode bank tujuan.

Anda bisa meletakkan kode bank Permata di depan nomor rekening tujuan, misalnya nomor rekening tujuan adalah 0000111222333 maka anda bisa mengetikkan 0130000111222333 apabila bank tujuan adalah bank Permata, Namun anda bisa mengetikkan 784000111222333, apabila bank tujuan adalah bank Permata Syariah. Setelah itu, tekan tombol enter pada mesin ATM dan anda akan dibawa pada halaman permintaan nominal uang yang dikirim.



3.Transfer Uang

Pada halaman permintaan nominal uang yang akan dikirim, anda bisa mengetikkan jumlah uang yang akan dikirimkan ke nomor rekening tujuan. Setlah nominal sudah selesai diketik, anda bisa mengetikkan juga nomor referensi apabila hal tersebut memang diperlukan. Kemudian tekan tombol enter, mesin ATM akan memproses data dan menampilkannya untuk meminta konfirmasi. Apabila data tersebut sudah benar, anda bisa memilih “Ya” pada pertanyaan konfirmasi data.



4.Logout ATM

Apabila uang berhasil dikirim, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pengirman uang. Setlah semuanya selesai, anda bisa logout kartu ATM dengan memilih “Tidak”, apabila terdapat pertanyaan untuk melanjutkan transaksi. Secara otomatis, kartu ATM akan keluar.


Cara kirim uang dari BRI via ATM menggunakan kode bank Permata tersebut dapat diikuti dengan mudah oleh pemula, terlebih lagi jika anda sudah terbiasa menggunakan mesin ATM. Semoga bermanfaat.